Dekorasi Dinding, Hilangkan Jenuh di Dinding

, , Comment closed

Bosan dengan pemandangan dinding yang polos? Dekorasi dinding mungkin bisa menjadi salah satu hal yang bisa menguranginya. Kata siapa dekorasi dinding yang unik dan atraktif itu pasti mahal, rumit dan menguras waktu?

Hiasan dinding biasanya mempunyai banyak macam dan modelnya yang sangat menarik. Mulai dari hiasan dinding ruang tamu, dinding dapur, dinding teras dan dinding kamar pribadi. Di toko-toko online juga sudah makin memanjakan kita. Hanya dengan scroll di marketplace Anda dapat memilih berbagai pernak-pernik untuk menghiasi dinding rumah Anda.

Namun, semua itu juga tidak mengharuskan Anda untuk membeli demi bisa menghiasi dinding rumah Anda. Dengan sedikit tambahan kreatifitas, berbagai aksesori interior seadanya pun bisa Anda gunakan untuk melahirkan nuansa ruangan yang istimewa. Anda bisa mencoba berkreasi untuk dekorasi dinding ala DIY (do-it-yourself) menggunakan metode daur ulang dari barang-barang bekas yang sudah tidak digunakan.

Dekorasi Dinding Menggunakan Papan Tulis

Papan tulis hitam dengan alat tulis kapur mnungkin sekarang sudah tidak bisa dijumpai di sekolah dan kampus-kampus. Tergantikan dengan whiteboard dan display projector. Tapi siapa sangka, ternyata papan tulis hitam kini menjadi tren dekorasi untuk kedai kopi kekinian.

Anda juga bisa menirukan tren tersebut untuk membuat dekorasi dinding rumah Anda. Dengan dekorasi papan tulis, dinding kosong bisa diisi dengan gambar atau tulisan. Anda bebas berkreasi untuk memberikan sajian apa pada papan tulis itu. Juga tidak permanen, jika sudah jenuh dengan tampilan satu, Anda bisa bubuhkan gambar atau tulisan baru lagi.

Dekorasi dinding dengan metode ini bisa dikatakan murah. Hanya memerlukan bahan papan tulis dan kapur tulis saja. Apalagi untuk Anda yang memiliki bakat seni gambar. Tentunya akan sangat terasa mudah.

Model dinding serupa papan tulis juga bisa didapatkan dengan cat tembok berwarna hitam. Jika belum ada tembok yang berwarna hitam, ada baiknya Anda coba untuk mengubahnya menjadi warna hitam ala papan tulis.

Hiasan Kamar 3D Menggunakan Kertas Origami

Membiat hiasan kamar 3 dimensi tidak selalu menggunakan biaya yang banyak. Pasalnya, ini dapat anda ciptakan dengan bahan yang murah dengan sentuhan kreatifitas. Anda memerlukan kertas origami yang agak besar dan jangan lupa berbagai warna.

3d origami.jpg

Kertas origami anda buat menjadi bentuk-bentuk yang menarik, seperti model ikan-ikanan, burung dan lain-lain. Cara untuk membuat lipatan origami 3D ini anda dapat temukan di banyak situs youtube, karena dengan milehat tayangan video Anda akan dengan mudah mengerti setiap tahap lipatannya.

Setelah model origami selesai dibuat, langkah terakhir adalah menempelkannya di dinding. Pola atau susunan tempelannya dapat anda kreasikan sesuai dengan selera anda. Dinding bergambar 3 dimensi yang tidak membosankan pun siap menghiasi dinding Anda.

Foto-foto untuk Dekorasi Dinding

Apakah Anda masih memiliki foto-foto kenangan? Baiklah, jangan dibuang! Untuk hiasan dinding agar tak sepi, bisa Anda pajang foto-foto kenangan. Dengan sedikit sentuhan kreatifitas, cara sederhana bisa diaplikasikan.Tak perlu bingkai foto, tak perlu pula mencetak ukuran yang besar.

Batamnews.jpg

Cukup dengan sediakan tali, lubang pengait untuk jendela, jepitan baju dan kayu untuk dudukan jika ada. Susunlah foto-foto tersebut dengan menggantunggannya pada tali yang dibentang. Agar tidak mudah terbang dan terjatuh, jepitlah foto dengan penjepit baju jemuran. Lebih baik jika penjepit baju jemurannya adalah yang bernahan kayu, sebab ini memiliki nilai estetik yang lebih tinggi.

Kreasi Tipografi untuk Dinding

Tipografi telah menjadi pilihan desain hiasan dinding yang bisa dikatakan murah. Namun menghasilkan kualitas tampilan yang unik, keren dan berseni.

Fimela dot com.jpg

Seni rangkaian kata-kata atau tipografi ini menjadi salah satu tren desain dekorasi interior yang sangat cocok untuk runah modern. Dekorasi dinding berupa seni tipografi ini tidak sulit ditemukan. Toko online pun juga sudah menyediakan, anda dapat membelinya dengan mudah.

Sederhana Menggunakan Benang Wol

Benang wol yang tidak terpakai di rumah dapat anda manfaatkan. Anda dapat mengubahnya menjadi suatu dekorasi dinding sederhana yang cantik. Bila tidak ingin repot, Anda bisa gantungkan benang wol dalam urutan warna yang membentukwarna seperti pelangi.

Rooang.jpg

Jika Anda hobi merajut, anda juga bisa menciptakan kain wol bermotif cantik. Karya itu juga tidak kalah menarik untuk dijadikan dekorasi dinding.

Dekorasi Dinding Dengan Piring Cantik

Cobalah untuk membuka tempat penyimpanan piring. Barangkali Anda mempunyai berbagai piring cantik hadiah yang anda simpan dan tak pernah dikeluarkan.

Kumpulan piring yang memiliki motif cantik dan berwarna cerah dapat Anda jadikan dekorasi dinding yang elegan. Tata letak susunan piring disesuaikan dengan Anda sebagai pemilik rumah. Piring-piring yang digunakan untuk tujuan dekorasi ini sebaiknya memiliki warna yang cerah dan menarik.

Rumah Hokie.jpg

Sumber: RumahHokie.com

Namun, tetap berhati-hati sebab piring berbahan kaca sangat mudah pecah jika terjatuh. Usahakan agar piring tidak mudah terjatuh, terutama Anda yang tinggal di daerah yang rawan gempa bumi.

String Art untuk Dekorasi Dinding

Salah satu tren dekorasi dinding yang sedang populer belakangan ini adalah string art. Seni ini merupakan teknik menghias dinding yang sederhana. Bahan yang digunakan sangatlah mudah untuk dijumpai. Yaitu hanya dengan menggunakan paku dan benang.

Brilio.jpg

Sumber: Brilio

Paku berperan sebagai titik-titik sudut di mana benang ditambatkan. Anda dapat berkreasi sesuai dengan selera untuk mendapatkan hiasan dinding yang apik.

Desain dekorasin dengan string art sangat bervariasi. Mulai dari bentuk geometris, tulisan, pola-pola yang indah dan berbagai bentuk lainnya. Anda juga dapat berkreasi dengan kombinasi warna.

Segarkan Dinding dengan Tanaman Hijau

Dengan sentuhan kreatifitas, sebenarnya benda apa saja bisa dijadikan pajangan dinding. Tidak selalu benda mati, makhluk hidup pun bisa kita jadikan hiasan dinding.

Arsitag.jpg

Berbagai tanaman hijau sangat memiliki nilai estetik sebagai hiasan dinding. Dekorasi dinding yang satu ini memberikan kesan natural yang menyegarkan.

Pot-pot kecil berisi tanaman bisa anda gantung di dinding. Susunan secara vertikal akan dapat menghemat tempat.

Tanaman adalah makhluk hidup, ia membutuhkan nutrisi dari tanah, air dan sinar matahari. Rawatlah dengan baik maka ia akan tetap tumbuh dengan baik. Pangkaslah secara berkala agar tidak menjadi rimbun dan menjadikan kesan berantakan.

Rangkaian Cermin Dekoratif

Fungsi ganda dapat dihadirkan dari penggunaan dekorasi dinding dengan cermin. Desain dan bentuk bingkai cermin yang cantik akan membuat tampilan ruangan semakin menawan. Selain itu, dengan penggunaan cermin juga dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan longgar.

Hiasi Dinding dengan Mural

Bagi Anda yang gemar coret-coret dinding untuk membuat mural, ada baiknya Anda terapkan bakat dan hobi itu di rumah Anda. Selain menghilangkan kesan monoton, Anda juga dapat memberikan suatu pesan melalui seni mural di dinding rumah Anda.

Kertas Bekas Hiasan Dinding

Anda memiliki majalah, buletin atau tabloid bekas? Jangan dibuang! Ini dapat digunakan untuk hiasan dinding.Mungkin ini akan sulit dipercaya jika kertas bekas majalah atau koran bekas juga bisa menjadi gagasan untuk membuat dekorasi dinding.

Bekas majalah dipotong-potong membentuk kolase, tulisan, hingga bentuk-bentuk yang menarik lainnya. Anda juga dapat mengkreasikannya menjadi pola-pola yang menarik sesuai dengan selera Anda.