Desain Ruang Keluarga yang Harmonis

, , Comment closed

Desain ruang keluarga perlu dipikirkan secara matang. Karena ruangan ini akan lebih sering digunakan untuk menghabiskan waktu bersama para penghuni rumah. Ruang keluarga adalah tempat seluruh anggota keluarga melakukan aktifitas bersama, berkumpul dan berinteraksi.

Sebagai ruang temu antar para penghuni rumah membuat keberadaannya dalam suatu rumah menjadi hal penting yang tidak bisa disepelekan.Ruang keluarga merupakan sentral dari sebuah rumah. Setiap anggota keluarga akanbertemu dan saling berkomunikasi di ruangan ini. Dari sini keharmonisan keluarga dapat terbentuk.

Oleh karena itu, pembuatan ruang keluarga harus dipertimbangkan dan direncanakansebaik-baiknya. Mudah untuk dijangkau oleh setiap penghuni rumah menjadi salah satu syarat suatu desain ruang keluarga yang baik.

Bagaimana desain ruangan keluarga yang ideal? Apakah yang harus dilakukan agar ruang keluarga dapat berfungsi dengan optimal? Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat desain ruang keluarga.

Kesiapan Dana untuk Desain Ruang Keluarga

Budget merupakan hal yang sangat krusial. Ketika Anda melakukan renovasi atau sedang membuat desain interior ruang keluarga, Anda perlu memperhitungkan berapa biaya yang dibutuhkan untuk mewujudkannya. Pastikan bahwa biaya yang Anda butuhkan tidak melebihi anggaran yang Anda siapkan.

Pertanyaannya, bagaimana nila ternyata anggaran yang Anda miliki minim? Apakah yang harus dilakukan? Di sinilah peran seorang arsitek dan interior designer. Dengan menggunakan jasa seorang arsitek dan interior designer, Anda dapat berdiskusi bagaimana mendesain ruang keluarga dengan biaya yang Anda miliki. Dengan pengalaman dan kreatifitas mereka, Anda akan dibantu untuk menemukan solusi desain ruangan keluarga yang sesuai dengan biaya yang Anda siapkan.

Untuk diketahui, arsitek dan interior designer merupakan suatu pekerjaan yang tidak mudah. Anda juga harus mempertimbangkan tanda jasa yang mereka lakukan untuk Anda.

Kenali Aktivitas yang Biasa Dilakukan di Ruang Keluarga

Langkah awal yang perlu Anda lakukan sebelum membuat desain ruang keluarga yaitu mengidentifikasi aktivitas apa saja yang dilakukan para penghuni rumah di ruang keluarga. Rasa nyaman dan aman haruslah harus dapat dihadirkan melalui sebuah ruang keluarga. Sehingga membuat seluruh anggota keluarga merasa betah. Oleh karena itu, ruang keluarga harus mampu menjadi wadah berbagai aktivitas yang ingin dilakukan oleh anggota keluarga.

Kenali Aktivitas yang Biasa Dilakukan di Ruang Keluarga

Sumber: Casa Indonesia

Umumnya, ruang keluarga menjadi tempat untuk berbincang antar anggota keluarga, menonton televisi, makan, bersantai bersama, bahkan mengerjakan tugas sekalipun. Anda juga dapat menambahkan aktivitas lain yang kira-kira dapat dilakukan bersama di ruang keluarga. Dengan demikian, ruang keluarga dapat hidup dan berfungsi secara optimal.

Ukuran dan Luasan Ruang Keluarga

Ukuran ruang keluarga sangat variatif. Luas atau tidaknya ruang keluarga umumnya disesuaikan dengan besar kecilnya rumah. Ukuran luas ruang keluarga biasanya berkisar antara 9 hingga 12 meter persegi atau lebih, tergantung dengan luas rumahnya.

Rumah dengan ukuran luas yang terbatas umumnya menerapkan sistem open plan untuk menghemat ruang. Pada rumah-rumah kecil dan minimalis, ruang keluarga biasanya didesain menyatu dengan ruang makan. Bagi Anda yang memiliki rumah minimalis dan ingin memiliki ruang keluarga yang sederhana, desain ruang keluarga dengan sistem open plan ini dapat dijadikan pilihan.

Sebagai alternatif yang dapat Anda lakukan dengan memiliki ruang keluarga yang sempit yaitu dengan menggunakan furnitur seminimal mungkin. Anda dapat membuat desain ruang keluarga lesehan sehingga tidak perlu menambahkan furnitur yang membutuhkan banyak ruang. Kalaupun menggunakan furnitur, sebaiknya gunakan furnitur yang memiliki fungsi ganda. Seperti meja kursi yang dapat dilipat dan bertransformasi menjadi fungsi furnitur yang lain.

Lain halnya dengan rumah yang memiliki ukuran luas yang minimalis seperti yang disebutkan di atas. Sebagian orang juga memiliki rumah dengan ukuran yang besar, biasanya mereka menempatkan ruang keluarga dan ruang tamu secara terpisah. Hal ini dilakukan agar aktivitas yang dilakukan di ruang keluarga menjadi privasi para anggota keluarga.

Menempatkan ruang keluarga dan ruang tamu secara terpisah itu lebih baik. Namun yang menjadi perhatian lebih adalah penempatan ruang keluarga harus di tengah dan terhubung dengan berbagai ruangan yang lainnya. Agar seluruh anggota keluarga mendapatkan akses yang lebih mudah.

Furnitur yang Dibutuhkan

Aktivitas yang dilakukan di ruang keluarga akan menentukan furnitur apa saja yang Anda butuhkan. Kegiatan yangumum dilakukan di ruang keluarga adalah berkumpul, berbincang bersama keluarga ataupun menonton televisi bersama.

Untuk itu sofa merupakan salah satu furnitur yang cocok untuk berada di ruang keluarga. Pilih dan gunakanlah sofa yang membuat Anda dan keluarga nyaman dan betah di ruang keluarga. Apabila luas ruangan yang anda rancang untuk ruang keluarga tidaklah cukup besar, Anda dapat menggunakan sofa dengan ukuran yang agak kecil namun memiliki fungsi yang ganda. Anda juga dapat mendesain ruang keluarga tanpa sofa.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggantikan sofa dengan karpet duduk lesehan. Anda juga dapat menambahkan beberapa bantal untuk membuat Anda dan keluarga semakin nyaman dan betah. Pilihlah desain, tekstur serta warna yang cocok dengan konsep desain ruang keluarga Anda. Jika Anda dan keluarga suka membaca, bisa Anda tambahkan rak buku jika luas ruangan masih memungkinkan.

Konsep Desain Ruang Keluarga yang Diinginkan

Konsep Desain Ruang Keluarga yang Diinginkan

Sumber: Detik Finance

Pemilihan warna, material dan pencahayaan yang tepat dapat menghadirkan kesan mewah, elegan, bersih, minimalis atau sederhana. Tiga hal tersebut biasanya membentuk satu konsep desain yang ingin ditampilkan dalam ruangan.

Konsep desain ruang keluarga minimalis modern saat ini banyak diminati karena konsep ini tidak membutuhkan banyak furnitur dan dekorasi. Mengingat harga tanah yang semakin lama semakin tinggi.

Desain Ruang Keluarga Minimalis Modern

Konsep minimalis modernlebih banyak menggunakan permainan warna dan furnitur multifungsi. Konsep ini cocok untuk diaplikasikan pada rumah mungil atau sempit. Perpaduan warna seperti putih dan hitam menjadi pilihan yang seringdigunakan banyak orang. Untuk furnitur, Anda dapat menambahkan perabot-perabot dengan bentuk geometris.

Desain Ruang Keluarga Klasik

Desain Ruang Keluarga Klasik

Sumber: Arsindo Cipta Karya

Ciri khas desain klasik yaitu dengan banyaknya ornamen.Konsep ini sangat cocok digunakan pada ruang tamu bagi Anda yang ingin memiliki ruang keluarga dengan kesan mewah dan elegan. Ruang keluarga dengan ukuran yang besar adalah pengaplikasian yang paling cocok. Perpaduan cokelat dan putih adalah warna-warna yang cocok untuk digunakan. Oleh karena itu, konsep klasik merupakan salah satu konsep desain yang mahal.

Desain Ruang Keluarga Kontemporer

Konsep ini tidak terlalu menggunakan banyak permainan warna dan pola. Warna-warna solid dapat Anda pilih untuk diterapkan di ruang keluarga. Desain ruang keluarga Anda akan tetap menarik meskipun tidak banyak menggunakan permainan warna. Dengan furnitur unik serta dekorasi yang bisa Anda tambahkan pada dinding sebagai aksen.

Desain Ruang Keluarga Natural

Anda dapat memilih material alam dan warna-warna bumi untuk mendapatkan tampilan natural dalam ruang keluarga. Salah satunya yaitu material kayu. Dekorasi dan furnitur dapat Anda pilih yang bermaterial kayu. Warna cokelat dan hijau cocok untuk Anda terapkan pada dinding, lantai ataupun furnitur. Melalui warna tersebut akan menguatkan kesan-kesan natural dalam ruang keluarga Anda.

Desain Ruang Keluarga Natural

Sumber: Simomot.com

Apabila posisi ruangan masih memungkinkan, desain ruang keluarga terbuka, terhubung dengan taman atau ruang luar. Dengan demikian, konsep natural akan semakin kuat berada di ruang keluarga rumah Anda.