Ruang Baca di Tempat Tak Terduga

, , Comment closed

Membaca adalah hobi yang lazim dimiliki oleh banyak orang. Setiap orang yang suka membaca biasanya mendambakan ruang baca pribadi di tempat tinggalnya. Akan tetapi, banyak orang yang tak bisa mewujudkan impiannya untuk memiliki perpustakaan sendiri di rumahnya. Sebagian orang bahkan mengira bahwa mereka harus memiliki rumah yang cukup besar untuk membangun ruang baca. Padahal, tidak semua ruang baca membutuhkan tempat yang luas, loh. Anda bahkan dapat menyulap beberapa spot yang tidak terpakai menjadi ruang baca pribadi Anda.

Menyediakan ruang baca bisa dengan cara sederhana seperti menambahkan kursi dan rak buku. Namun, bisa juga dengan cara rumit seperti merenovasi rumah untuk memberikan sekat untuk ruang baca baru. Akan tetapi, jika Anda hanya memiliki lahan yang terbatas, bukan hal mustahil bagi Anda untuk memiliki ruang baca pribadi.

Ruang Baca di Pojok

Pojok Baca

Perpustakaan tidak selalu berupa ruangan yang besar dan bertingkat. Anda dapat menyulap sudut ruang keluarga atau ruang tamu Anda menjadi ruang baca. Anda hanya perlu menambahkan rak dinding pada dinding sudut ruangan. Lalu di depannya, Anda dapat menyimpan sofa mini untuk tempat duduk Anda saat membaca buku favorit Anda. Jika Anda tidak ingin menggunakan tempat duduk, Anda dapat melapisi lantai ruangan dengan karpet dan menambahkan bantal hiasan. Dengan ini, Anda dapat bersandar ke dinding ruangan. Jika Anda ingin menikmati buku favorit Anda sambil menghirup udara luar, Anda bisa meletakkan ruang baca ini di sudut teras Anda. Dengan ini, tamu-tamu Anda pun dapat juga menikmati buku bacaan Anda.

Ruang Baca Melayang

Membaca Sambil Melayang

Anda mungkin punya sedikit ruang kosong untuk menambahkan rak buku pada dinding ruangan Anda. Akan tetapi, Anda tak punya tempat untuk menaruh sofa mini ataupun karpet karena ruangan Anda sudah penuh dengan berbagai furnitur rumah. Jangan khawatir, Anda bahkan dapat memanfaatkan ruang kosong di bawah langit-langit Anda. Apalagi jika Anda memiliki ruangan dengan langit-langit yang tinggi, Anda dapat memasang hammock pada area tersebut. Membaca sambil duduk atau berbaring di atas hammock tentunya akan menambah keseruan, ya. Anda bisa langsung berbaring dan bersantai jika sudah lelah membaca buku. Anda bahkan dapat menambahkan rak dinding kecil untuk menaruh makanan ringan atau minuman.

Ruang Baca Dekat Jendela

Jendela Baca

Membaca sambil menikmati angin sepoi-sepoi tentunya akan membuat Anda menjadi lebih rileks. Dengan menaruh tempat duduk di samping jendela yang memiliki bukaan besar, Anda dapat menikmati suasana outdoor tersebut. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki ruangan yang luas di samping jendelanya. Tak perlu khawatir, Anda dapat mengganti tempat duduk menjadi rak buku yang diberikan busa atau bantal pada sisi atasnya. Jadi, Anda tak perlu repot memasang rak buku di tempat lain. Bagian atas jendela pun bisa diletakkan rak dinding untuk menaruh buku-buku kesayangan Anda.

Dengan memiliki jendela baca, jika mata Anda sudah mulai lelah, Anda dapat refreshing sembari melihat tanaman-tanaman hijau di area taman Anda. Apalagi jika Anda memiliki rumah di yang berada di tepi pantai. Anda dapat menikmati pemandangan laut sambil membaca buku. Atau, misalnya Anda memiliki rumah di dataran tinggi dengan pemandangan yang mempesona. Jendela baca ini merupakan spot yang sangat direkomendasikan untuk Anda yang gemar membaca.

Loteng Baca

Loteng Baca

sumber: furnizing.com

Apakah Anda termasuk ke dalam orang-orang yang memiliki loteng rumah? Alih-alih tak terpakai atau menjadi gudang berdebu, sebaiknya Anda menyulap area loteng menjadi perpustakaan. Tentunya perpustakaan ini akan memiliki desain yang unik karena memiliki langit-langit miring. Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak privasi jika memiliki ruang baca di loteng rumah Anda. Jangan lupa untuk menambahkan kapur anti ngengat, ya. Agar buku-buku Anda lebih terjaga keawetannya.

Membaca di Kolong Tangga

Membaca di Kolong Tangga

sumber: furnizing.com

Rumah bertingkat biasanya memiliki “area mati” pada area tangga. Ruangan di bawah tangga jarang sekali digunakan padahal ruang ini cukup luas untuk difungsikan sebagai ruangan tertentu. Anda pasti pernah mendengar cerita Harry Potter, kan? Harry Potter bahkan memiliki kamar di kolong tangga rumah bibinya. Tak perlu seekstrim itu, tapi Anda dapat menyulap ruangan di bawah tangga Anda menjadi ruang baca yang nyaman. Anda hanya perlu menambahkan rak-rak buku di kolong tangga Anda, dan kemudian Anda bisa menambahkan bantal atau busa untuk tempat duduk Anda saat membaca. Jangan lupa untuk menambahkan lampu baca, ya, karena area kolong tangga cenderung gelap. Bahkan ruang baca ini bisa menjadi tempat persembunyian saat anak Anda bermain petak umpet di rumah.

Jika Anda memiliki buku yang sangat banyak hingga tak cukup disimpan di kolong tangga Anda, jangan khawatir. Anda bahkan bisa menyimpan buku tersebut di sela-sela anak tangga Anda. Jangan lupa, sebelumnya Anda perlu memastikan bahwa pondasi tangga Anda cukup kuat untuk menahan beban buku-buku tersebut. Jangan sampai hal ini justru membahayakan bagi Anda dan keluarga, ya.

Perpustakaan Terbuka di Bordes

Perpustakaan Terbuka di Bordes

Selain area kolong tangga, area bordes pun dapat Anda manfaatkan sebagai ruang baca yang terbuka. Tentunya Anda perlu memiliki area bordes yang cukup lebar, hingga tidak mengganggu aktivitas orang yang berlalu-lalang. Anda hanya perlu menambahkan rak buku pada dinding tangga Anda dan tempat duduk di sampingnya. Dengan ini, Anda tak perlu menyediakan ruangan khusus untuk menjadi ruang baca. Jika Anda memiliki area tangga yang cukup lebar, Anda dapat menaruh rak gantung di sepanjang anak tangga. Selain menaruh buku, Anda juga bisa menambahkan hiasan. Sehingga rak buku tersebut tidak hanya memiliki satu fungsi saja, tetapi juga enak dipandang karena desainnya yang unik.

Perpustakaan di Kamar Tidur

Untuk sebagian orang, kamar tidur adalah ruang ternyaman di rumahnya. Meski memiliki kamar tidur yang sempit, Anda dapat menyulap kamar tidur Anda menjadi perpustakaan dan ruang baca. Jika kamar tidur Anda terlalu sempit untuk ditambahkan rak atau lemari buku, Anda tak perlu khawatir. Anda dapat memanfaatkan ruangan kosong yang terletak di bawah tempat tidur Anda. Anda juga bisa membeli tempat tidur yang juga multifungsi sebagai rak atau lemari di bagian bawahnya. Dengan ini, Anda dapat melakukan hobi Anda di tempat ternyaman Anda. Akan tetapi, buku identik dengan “kuman” atau sesuatu yang usang. Oleh karena itu, Anda sebaiknya meletakkan dry gel di rak buku di kolong tempat tidur Anda. Anda juga dapat meletakkan kapur anti ngengat agar buku-buku Anda menjadi lebih awet dan kamar tidur Anda tetap nyaman dan bersih.

Desain-desain di atas adalah beberapa desain ruang baca dan perpustakaan yang dapat dijadikan inspirasi bagi Anda. Tentunya Anda tak perlu merenovasi rumah secara besar-besaran untuk menambahkan satu ruangan khusus sebagai ruang baca atau perpustakaan. Anda hanya perlu jeli untuk melihat kembali setiap sudut di rumah Anda. Lalu Anda akan mengetahui area mana yang masih belum termanfaatkan secara maksimal. Nah, Anda dapat menyulap area tersebut menjadi ruang baca atau perpustakaan. Jadi, tak perlu punya rumah yang besar, kan, untuk memiliki perpustakaan pribadi?